Esposin, SOLO — Tren jumlah penumpang ketera api (KA) disebut terus tinggi. Secara nasional, jumlah penumpang KA jarak jauh dan lokal pada Agustus 2024 meningat sekitar 3,8% dibandingkan Agustus 2023. Di tengah peningkatan tersebut KAI terus mengampanyekan pengurangan sampah botol plastik.
Secara nasional KAI mencatat adanya peningkatan volume angkutan penumpang hingga bulan Agustus 2024. Dari periode 1 Januari hingga 31 Agustus 2024, KAI Group berhasil melayani sebanyak 299.752.109 penumpang.
Jumlah itu terdiri dari 29.922.766 penumpang KA jarak jauh, 4.648.369 penumpang KA lokal yang dikelola KAI, 244.454.242 penumpang KRL dan KA Lokal yang dikelola KAI Commuter, 3.693.345 penumpang KAI Bandara, 12.700.737 penumpang LRT Jabodebek, 95.355 penumpang KAI Wisata dan 4.237.295 penumpang Whoosh.
"Pada bulan Agustus 2024, KAI berhasil melayani 4.112.113 penumpang KA jarak jauh dan lokal, [yang] meningkat 3,8% dibandingkan Agustus 2023 yaitu sebanyak 3.959.527 penumpang. Secara keseluruhan, kinerja KAI dari Januari hingga Agustus tahun 2024 untuk KA Jarak Jauh dan Lokal meningkat 9,4%, dari 31.595.487 penumpang menjadi 34.571.135 penumpang," jelas VP Public Relations KAI, Anne Purba, dalam siaran pers 9 September 2024 lalu.
Peningkatan juga terjadi untuk angkutan lainnya selama periode Januari hingga Agustus 2024. Untuk KAI Commuter misalnya, yang melayani penumpang KRL dan KA Lokal sebanyak 244.454.242 penumpang atau meningkat 15,03% dibandingkan pada periode yang sama tahun lalu yaitu 212.510.807 penumpang. Penumpang KAI Wisata juga meningkat signifikan, yakni 73,01%, dari 55.114 penumpang menjadi 95.355 penumpang.
Anne mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelanggan atas kepercayaan yang terus diberikan dalam menggunakan layanan kereta api.
Diketahui hal itu juga terjadi di wilayah Daop 6. Di mana pada Agustus 2024, Daop 6 mencatat tren positif. Manager Humas Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro, menyebutkan jumlah penumpang KA di seluruh stasiun wilayah Daop 6 Yogyakarta periode tersebut mencapai 1.102.547 penumpang. Jumlah itu terdiri dari penumpang yang berangkat atau naik sebanyak 542.820 penumpang dan turun atau datang sebanyak 559.727 penumpang.
Di luar itu, saat ini KAI terus mengajak masyarakat khususnya penumpang KA untuk mendukung poengurangan sampah botol plastik. Untuk itu KAI saat ini juga menyediakan water station di sejumlah stasiun. Termasuk stasiun-stasiun yang ada di wilayah Daop 6. Dengan hadirnya water station tersebut memungkinkan para penumpang bisa memanfaatkan tumbler dan bisa mengisi ulang pada fasilitas yang sudah tersedia.
Krisbiyantoro mengatakan air yang tersedia di water station layak untuk diminum dan telah lulus beragam uji kelayakan.
“KAI akan terus mendukung kampanye ataupun gerakan konservasi dan teknologi yang ramah lingkungan sebagai salah satu upaya peningkatan layanan terhadap pengguna jasa kereta api. Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu langkah menghadirkan ekosistem transportasi kereta api terbaik bagi masyarakat Indonesia,” kata Krisbiyantoro, Kamis (12/9/2024).